Cari

Arjadang Nainggolan USUL Kembangkan Ganggang Air Tawar di Danau Toba Guna Sejahterakan Rakyat

Posted 09-03-2022 15:26  » Team Tobatimes

TOBATIMES, SAMOSIR - Pengusaha kreatif asal Samosir mendorong Pemkab Samosir untuk mengembang biakkan tanaman Ganggang Hijau ditengah masyarakat sebagai sebuah profesi pengembangan kreativitas ekonomi masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan oleh Arjadang Nainggolan ketika berbincang dengan Greenberita bersama Nikolas Naibaho dan Laris Naibaho di Obama Songket dan Ulos Galeri, Kota Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Menurut Arjadang Nainggolan, Pemkab Samosir jangan hanya berorientasi pada pembangunan fisik tapi juga pembangunan perekonomian kreatif rakyat supaya terjadi keseimbangan.

"Bila  pembangunan fisik sudah selesai di Samosir, tapi rakyat tidak punya penghasilan tetap yang menopang perekonomian nya,maka yang timbul adalah tinggi nya angka kejahatan di tengah masyarakat," ujar Arjadang Nainggolan.

Menurutnya, pengembangan usaha Ganggang Air Tawar di Danau Toba adalah sebuah solusi untuk peningkatan kreativitas perekonomian warga.

"Karena harga dari pada Ganggang hijau saat ini cukup tinggi karena daru hasil penelitian, ternyata Ganggang hijau mempunyai kemampuan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh serta khasiat lainnya," ujar Arjadang Nainggolan.

Ganggang hijau (Chlorophyta) yang banyak dijumpai di tempat lembap, air tawar, dan laut bakal menjelma sebagai superfood, wetelah dilakukan penelitian oleh ahli gizi dari NAO Nutrition di New York City, Nikki Ostrower.

Dia menemukan, alga laut ini mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang bermanfaat membuang racun di tubuh, sekaligus menangkal beragam penyakit.

"Tumbuhan ini memiliki kemampuan detoksifikasi yang mengesankan. Di dalamnya terkandung antioksidan, mineral, vitamin, dan asam amino," kata Nikki dikutip dari situs Daily Mail, Sabtu (9/1/2016). Warna hijau yang begitu terang adalah penanda adanya kandungan klorofil yang sangat tinggi.

Jika biasanya mengonsumsi vitamin setiap pagi dalam bentuk kapsul, dengan adanya temuan ini diharapkan orang-orang mulai meninggalkan obat-obatan kimia. Ganggang hijau dapat disantap setiap hari dengan porsi yang tidak berlebihan.

Ganggang hijau yang tinggi protein, vitamin A dan B, zat besi, magnesium, dan zink dapat membantu seseorang melawan racun lingkungan, membantu hilangkan rasa lelah, dan menangkal penyakit.

"Tanaman ini berguna bagi sistem kekebalan tubuh manusia," pungkas Nikki.

Simak pernyataan lengkap Arjadang Nainggolan pada tayangan YouTube Channel greenberitaTV berikut ini,

Dikutip dari Greenberita.com