Cari

Kentang Hijau Dapatkah Dipangan?

Posted 05-03-2022 09:28  » Team Tobatimes
Foto Caption: Kentang Hijau (Google)

TOBATIMES - Belanja diakhir pekan dan menemukan setumpuk kentang yang terlihat segar, harganya pun sedang discount adalah sesuatu ya historian...

Tak perlu berpikir dua kali , segera mengambil dan melebihkan dari kebutuhan hari ini.Tentunya untuk stock beberapa hari.

Namun tak jarang setelah beberapa hari berlalu kita menjumpai beberapa kentang menghijau warnanya. Orang bilang itu beracun, tapi bagaimana penyebab kentang menghijau bisa dijelaskan. Mari simak yang berikut.

Saat kentang terkena sinar matahari langsung, mereka secara alami akan mulai berubah menjadi hijau. Warna hijau berasal dari klorofil atau senyawa tidak berbahaya yang memberi warna hijau pada tanaman.

Klorofil sangat penting untuk fotosintesis, proses yang digunakan tanaman untuk memberi makan diri mereka sendiri. Paparan sinar matahari biasanya mempercepat produksi klorofil dalam kentang. Ini sebabnya mengapa penting untuk menyimpannya di tempat yang gelap.

Apakah kentang hijau aman untuk dimakan?

Menurut National Capital Poison Center , kentang hijau tidak aman untuk dimakan. Ketika klorofil meningkat dalam kentang, mengubahnya menjadi hijau, kemungkinan senyawa solaninpun meningkat Tingkat solanin yang lebih tinggi menyebabkan kentang terasa pahit dan bahkan menyebabkan masalah kesehatan.

Ketika dimakan dalam jumlah besar, senyawa ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual dan diare, serta sakit kepala dan masalah neurologis. Sangat membantu untuk diingat bahwa aturan yang baik tentang kentang adalah ini: Jika rasanya pahit, jangan memakannya.

Jadi apakah itu berarti seluruh kentang dengan bintik-bintik hijau harus dibuang?

Tidak perlu membuang seluruh kentang. Potong bagian hijaunya dan gunakan sisa kentang dengan aman. Menurut Dept. Pertanian Amerika Serikat , sebaiknya kulit kentang juga dibuang karena lebih banyak solanin yang dapat ditemukan di kulitnya.

Untuk mencegah kentang berubah menjadi hijau terlalu cepat, selalu simpan di tempat yang jauh dari sinar matahari langsung. Tempat yang sejuk dan gelap seperti pantry atau lemari adalah yang terbaik. Namun tidak perlu disimpan didalam lemari pendingin.

Sumber berita dan foto dari Taste of Home