Cari

Harga Tomat Melambung Jadi Rp 20 Ribu Per Kilogram

Posted 14-02-2022 23:08  » Team Tobatimes
Foto Caption: Manfaat Tomat Cegah Kanker, Diabetes Menjaga Kesehatan Jantung hingga Mata, Penjelasan Medis

TOBATIMES, MEDAN - Terbatasnya hasil panen sebagai dampak cuaca akhir akhir ini, membuat harga komoditas tomat melonjak dalam seminggu terakhir.

Dian, seorang pedagang sayur mayur di Pasar Pringgan mengatakan, tingginya harga komoditas tomat akibat terbatasnya pasokan dari petani yang disebabkan oleh cuaca.  Bahkan kenaikannya  melambung tinggi.

Sebelumnya, harga tomat Rp 8.000 per kilogram, kini melonjak hingga Rp 20 ribu per kilogram.

"Kalau mahal begini takut kita jual tomat, apalagi ini sudah seminggu ya, kemarin masih Rp 18 ribu, sekarang sudah naik jadi Rp 20 ribu per kg. Pembeli pun sedikit sekali, " ujarnya kepada Tribun Medan, Senin (14/2/2022).

Ia menyampaikan, akibat melonjaknya harga tomat, penjualannya pun sangat minim sehingga menyebabkan Dian enggan menjual komoditi tomat.

"Kalau sebelumnya harga normal bisa laku sehari nya itu satu keranjang, sekitar 60 kilogram, tetapi karena harga tinggi gini susah sekali mau menjualnya, " tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan Siska, seorang ibu rumah tangga yang mengaku kaget dengan terjadinya lonjakan harga tomat di pasaran.  Sebab, tomat merupakan satu di antara komoditas sayuran yang wajib ada di dapur.

"Harga eceran tomat sayur yang biasanya hanya dijual Rp 8 ribu per kilogram, kini mencapai Rp 20 ribu per kilogram," tutupnya.

Dikutip dari Tribun Medan