Cari

Bupati Toba Kirimkan Surat Setuju Tutup TPL atas Desakan Aliansi Gerak

Posted 02-07-2021 14:39  » Team Tobatimes
Foto Caption: Ratusan orang dari Aliansi Gerakan Rakyat (Gerak) Tutup TPL berunjuk rasa ke kantor Bupati Toba dan Kantor DPRD Toba, di Balige, Selasa (29/6/2021). Mereka menyerukan agar Pemkab menerbitkan surat rekomendasi pencabutan izin konsesi PT TPL kepada Pemerintah Pusat melalui Menteri LIngkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. Demonstran diterima Bupati Toba Poltak Sitorus.

TOBA - Bupati Toba Polta Sitorus mengirimkan surat atas desakan para demonstran yang berkumpul di halaman Kantor Bupati pada Selasa (29/6/2021).

Diketahui para demonstran dalam orasinya menyerukan tutup TPL.

Pada saat demo tersebut, demonstran yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Masyarakat (Gerak) Tutup TPL sampaikan tujuh tuntutan dan meminta Bupati Toba Poltak Sitorus agar menandatangani bukti setuju atas tuntutan tersebut.

Setelah demo berakhir pada Selasa (29/6/2021), maka pada hari ini, Rabu (30/6/2021), Pemkab Toba mengirimkan surat rekomendasi untuk pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

"Sekaitan dengan surat Gerak (Gerakan Rakyat) Tutup TPL dengan Nomor 002/ B - Gerak VI/ 2021 tanggal 29 Juni 2021 perihal Tuntutan Peserta Massa Aksi yang ditujukan kepada pimpinan dan Anggota DPRD Toba serta Bupati Toba yang diserahkan pada Aksi Massa tanggal 29 Juni 2021 di halaman Kantor Bupati Toba (fotocopy terlampir)," demikian tertuang dalam surat Bupati Toba Poltak Sitorus yang diserahkan ke Aliansi Gerak Tutup TPL di Sopo AMAN, Balige pada Rabu (30/6/2021).

Desakan demonstran tersebut adalah agar pihak Pemkab Toba berpihak pada masyarakat untuk mencabut izin konsesi PT TPL.

"Dan dalam surat tersebut peserta aksi meminta kami agar mengeluarkan rekomendasi penutupan dan penghentian aktivitas PT Toba Pulp Lestari," tuturnya.

"Untuk itu, mohon kiranya dapat disikapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Demikian disampaikan untuk diketahui dan maklum. Terima kasih," lanjutnya.

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Toba Audi Murphy Sitorus membenarkan hal tersebut.

"Surat tersebut sudah kita sampaikan pada pukul 13.00 WIB hari ini. Dan surat itu kita serahkan langsung kepada pihak Aliansi Gerak Tutup TPL yang berposko di Sopo AMAN Tano Batak, Balige," terang Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus saat dikonfirmasi Tribun-medan.com.

Terkait surat ini, pihak Aliansi Gerak Tutup TPL tetap merasa tidak puas sebab ada dugaan bahwa pemkab Toba tidak berpihak kepada masyarakat.

"Kita merasa tidak puas sebab dalam surat itu dimunculkan akibat desakan kita. Artinya, pihaknya hanya meneruskan tuntutan kita ke Kementerian LHK," kata Sekretaris Aliansi Gerak Tutup TPL Jhontoni Tarihoran.

Dikutip dari Tribun Medan