Cari

Mandailing Natal Diguncang Gempa Tektonik 4,9 pada SR

Posted 03-02-2022 12:38  » Team Tobatimes
Foto Caption: ilustrasi gempa

TOBATIMES, MANDAILING NATAL - Desa Panggautan Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara diguncang gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,9, Kamis (3/2) sekitar pukul 02:29 WIB.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Darmawan mengatakan lokasi gempa terletak pada koordinat 0.83 LU, dan 98.50 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 kilometer Nias Selatan di kedalaman 45 kilometer.

Darmawan mengatakan gempa bumi yang terjadi masuk kategori gempa bumi dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi," kata Darmawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/2/2022).

Gempa bumi dirasakan di Desa Panggautan dengan Skala Intensitas I-II Modified Mercalli Intensity (MMI) dengan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Namun hingga saat ini pihaknya belum ada menerima laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Selain itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG, hingga pukul 03:30 WIB, belum ada menunjukkan kejadian gempa bumi susulan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutupnya.

Dikutip dari Tribun Medan