Cari

Bantu Orang Tua, Bocah 11 Tahun Cari Ikan Mengarungi Perairan Danau Toba

Posted 20-12-2021 14:56  » Team Tobatimes
Foto Caption: CARI IKAN: Julu Manik (11) bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar saat mengarungi perairan Danau Toba persisnya di Huta Reva Kelurahan Sipolha Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun untuk mencari ikan dari atas sampan kayu, Kamis (16/12). (Foto: SIB/Revado Marpaung)

TOBATIMES, SIMALUNGUN - Guna membantu orang tua, Julu Manik (11) bocah yang duduk di bangku sekolah dasar kelas V mencari ikan mengarungi perairan Danau Toba di Dusun Repa Kelurahan Sipolha Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Kamis (16/12).

Julu saat bincang-bincang dengan SIB mengaku, pekerjaan ini sudah ditekuninya sejak berumur 8 tahun. "Setiap pulang sekolah langsung mencari ikan menggunakan pikat ikan menaiki sampan di perairan Danau Toba," singkat Julu.

Dia mengaku hasil tangkapan ikannya setiap hari tidak menentu, kadang 5 sampai 10 kilogram dapat. Bahkan kadang tidak dapat sama sekali, ujarnya.

Menurutnya, kondisi seperti ini akan terus digelutinya untuk membantu orang tuanya. Mengingat lokasi tempat tinggalnya berada di pinggir pantai Danau Toba. "Jadi, memang ini yang bisa kami lakukan untuk mendapatkan uang dari mencari ikan di perairan Danau Toba ini," ungkapnya.

Selain itu kata Julu, saat ini masyarakat Reva sedang berupaya untuk menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Huta Reva, menikmati pantai pasir, serta yang sedang ramai dikunjungi Goa Singir-ngir yang berada di perbukitan Huta Reva.

Bahkan ia kerap menjadi penunjuk jalan untuk dapat menuju goa tersebut.

Oleh karena itu, Julu berharap selain dari menangkap ikan, ke depan daerahnya bisa menjadi tujuan wisata, harapnya.

Dikutip dari Harian SIB