Cari

Mutasi Polri, Empat Kapolres di Sumut Diganti

Posted 20-12-2021 14:50  » Team Tobatimes
Foto Caption: Ilustrasi atribut Polri. (Istimewa/harianSIB.com)

TOBATIMES, MEDAN - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi terhadap jajarannya. Ada empat Kapolres di wilayah hukum Polda Sumut yang ikut diganti.

Pergantian itu tertera dalam surat telegram Kapolri seperti dilihat , Sabtu (18/12). Surat telegram itu ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Wahyu Widada pada Jumat (17/12).

Posisi yang diganti adalah Kapolresta Deli Serdang dari Kombes Yemi Mandagi kepada AKBP Irsan Sinuhaji yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolrestabes Medan. Yemi diganti untuk mengikuti pendidikan tinggi.

Posisi yang ditinggalkan Irsan akan diisi AKBP Yudhi Hery Setiawan. Yudhi sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Blitar Kota.

Kapolres Mandailing Natal (Madina) juga diganti. AKBP Horas Tua Silalahi diberi tugas baru sebagai Kasubbagprodsus Bagprod Baintelkam Polri.

Posisi Kapolres Madina akan diisi AKBP Reza Muhammad Chairul Akbar Siddiq yang saat ini menjabat sebagai Kabag Ops Polrestabes Medan.

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono juga diganti. Dia diberi tugas baru sebagai Kabagmin Waketbid PPITK STIK Lemdiklat Polri.

Posisi Kapolres Tanah Karo akan diisi AKBP Ronny Nicolas Sidabutar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas).

Posisi Kapolres Humbahas yang ditinggalkan Ronny akan diisi AKBP Achmad Muhaimin. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kasubditaudit Ditpamobvit Polda Jateng.

Dirpolairud Polda Sumut juga diganti. Posisi Kombes Dadan dipindahkan menjadi Kasubdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Posisi yang ditinggalkan Dadan bakal diisi Kombes Toni Ariadi Efendi.

Dicopot

Kapolri juga mencopot tiga polisi berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP) dari jabatannya. Ketiganya adalah Kapolres Padang Pariaman, AKBP Dian Nugraha; Wakapolres Kota Padang, AKBP Haris Hadis; dan Kapolres Tomohon AKBP Yuli Kurnianto.

Dari dokumen surat telegram, pencopotan ketiga perwira menengah ini dalam rangka evaluasi jabatan. Surat telegram yang memuat pencopotan ketiga pimpinan Polres ini bernomor ST/2570/XII/KEP./2021 yang terbit pada Jumat (17/12) dan diteken Asisten Kapolri bidang SDM, Irjen Wahyu Widada.

Tertuang pada poin delapan, AKBP Haris Hadis dicopot dari jabatan Wakapolresta Padang dan dijadikan perwira menengah Polda Sumatera Barat (Sumbar) dalam rangka evaluasi jabatan. Kemudian pada poin kesepuluh, AKBP Dian Nugraha HBWPS dicopot dari jabatan Kapolres Padang Pariaman dan dijadikan perwira menengah Polda Sumbar juga.

Terakhir, Kapolres Tomohon AKBP Yuli Kurnianto dicopot dari jabatannya dan dijadikan perwira menengah di Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan.

Sebelumnya, Polda Sumbar memeriksa AKBP Dian Nugraha Hyang Batara dan AKBP Haris Hadis. Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto ketika dihubungi dari Padang mengatakan pemeriksaan kedua pamen ini terkait masalah internal. Pihaknya belum bisa mempublikasikan.

"Sementara belum bisa dipublikasi, kita harus junjung tinggi asas praduga tak bersalah," kata dia seperti dilansir Antara, Selasa (7/12).

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulawesi Utara (Sulut), Kombes Jules Abraham Abast mengaku belum tahu permasalahan apa yang menjerat AKBP Yuli sehingga dicopot dari jabatannya.

"Saya belum tahu (permasalahannya)," ucap Jules saat dihubungi.

Dikutip dari Harian SIB