Cari

Kapolda Sumut Tinjau Pilkades Serentak di Humbahas

Posted 25-11-2021 10:20  » Team Tobatimes
Foto Caption: BERI KETERANGAN: Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak didampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Purwito Hadu Whardono, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan, Ketua DPRD Ramses Lumban Gaol dan Kapolres Humbahas, AKBP Rony Nicolas Sidabutar memberikan keterangan kepada wartawan saat meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Humbahas, Senin

TOBATIMES, HUMBAHAS - Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (22/11).

Kapolda tiba di Humbahas bersama Kasdam I/BB, Brigjen TNI Purwito Hadu Whardono menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Kantor Bupati Humbahas, Bukit Inspirasi Doloksanggul. Rombongan disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar dan Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumban Gaol.

Dari Kantor Bupati, Kapolda dan rombongan langsung meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades di Desa Siponjot, Desa Pargaulan Kecamatan Lintong-nihuta dan Desa Sipitu Huta Kecamatan Pollung. Selanjutnya rombongan beranjak menuju Mapolres Humbahas.

Kapolda Sumut saat diwawancarai wartawan mengatakan, kehadirannya di Humbahas memastikan Pilkades serentak berjalan dengan tahapan dan mekanisme yang ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Pemkab Humbahas.

Dari 85 desa yang mengikuti Pilkades sudah masuk pada tahapan penghitungan perolehan suara dan secara umum berjalan aman dan lancar.

"Saya berharap, ini menjadi contoh dan role model pelaksanaan Pilkades serentak yang cukup demokratis, aman, sebagaimana yang dipersyaratkan," kata Kapolda.

Dia berharap, dalam pelaksanaan Pilkades itu, protokol kesehatan (Prokes) tetap menjadi hal yang utama mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan.

"Mudah-mudahan kita tetap bisa menjaga situasi kondisi pandemi Covid-19 di tengah kondisi saat ini pada pemilihan kepala desa. Dan mudah-mudah terpilih para kepala desa yang benar-benar bisa menjadi tempat masyarakat mengadu dan bermohon, dan bisa memperhatikan kondisi sosial masyarakat," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pilkades serentak Humbahas diikuti 85 desa, dengan 181 TPS, jumlah DPT sebanyak 71.525 orang dan calon Kades sebanyak 225 orang.

Dikutip dari Harian SIB