Cari

Menteri Erick Thohir Minta Gratis, Toilet SPBU di Medan Masih Ada yang Berbayar

Posted 24-11-2021 11:51  » Team Tobatimes
Foto Caption: Erick Thohir tegur petugas kebersihan toilet SPBU Pertamina

TOBATIMES, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir telah meminta agar toilet umum di seluruh SPBU Pertamina dan SPBU swasta yang bekerja sama dengan Pertamina digratiskan. Namun, toilet SPBU di Medan masih ada yang berbayar.

Sejumlah SPBU di Medan yang ditemui pada Selasa (23/11), masih ada toilet SPBU berbayar dengan alasan uang kebersihan.

Salah satu SPBU yang toiletnya masih berbayar adalah SPBU di jalan Setia Budi, Medan. Di SPBU ini, warga dimintai uang Rp 2.000 ketika selesai menggunakan toilet.

Tampak seorang petugas yang berjaga di lorong menuju toilet. Ada sebuah meja dengan kotak untuk mengumpulkan uang yang dijaga petugas tersebut.

Tak ada patokan uang yang harus dibayarkan untuk pengguna toilet di SPBU ini. Warga yang mengaku tak punya uang juga dibiarkan menggunakan toilet tanpa membayar.

Seorang warga yang menggunakan toilet, Ridwan, mengaku tidak mempermasalahkan bayaran untuk penggunaan toilet. Namun, dia meminta toilet yang berbayar dijaga kebersihannya.

"Nggak masalah sih kalau bayar, yang penting bersih kan. Kadang kita lewat bukan untuk isi minyak, mau ke kamar mandi aja. Jadi wajar kalau bayar," ujarnya.

Sementara di SPBU lain di Jalan Dr Mansyur, Medan tidak terlihat ada pungutan untuk warga yang menggunakan toilet.

Ada dua toilet yang bisa digunakan di lokasi ini. Kondisi toilet yang berada di belakang minimarket ini juga terlihat cukup bersih.

Sebelumnya, Erick Thohir mengaku kaget gara-gara toilet umum di salah satu SPBU Pertamina tidak gratis. Hal itu terjadi di salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo.

Di SPBU itu masyarakat dimintai uang senilai Rp 2.000-4.000. Erick Thohir pun menyentil direksi Pertamina atas hal itu.

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah ada dapat dari jualan bensin, ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat mestinya dapat fasilitas tambahan. Saya minta Direksi Pertamina untuk diperbaiki," kata Erick lewat video yang diunggah di akun Instagram-nya, @erickthohir, dikutip pada Senin (22/11).

"Saya juga minta seluruh kerja sama dengan pom swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya nggak boleh bayar. Harus gratis," lanjutnya.

Sosialisasi

Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pemilik dan pengurus SPBU, baik yang dimiliki penuh oleh Pertamina maupun yang bermitra dengan pihak swasta untuk menggratiskan penggunaan toilet di SPBU.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat. Tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," ungkap Irto kepada detikcom, Senin (22/11).

Dikutip dari Harian SIB