Cari

Siantar-Simalungun Coffee Festival Tahun 2021, Wadah Insan Kopi di Sisibataslabuhan

Posted 08-11-2021 22:39  » Team Tobatimes

TOBATIMES.COM - Siantar-Simalungun Coffee Festival Tahun 2021 digelar di Sobat Resto, Jalan H Adam Malik Pematangsiantar, Sabtu (6/11). Kegiatan yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar itu menjadi wadah dan sarana bagi pelaku usaha dan insan-insan kopi di Sumatera Utara (Sumut), khususnya di wilayah Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara (Labura), Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) atau yang dikenal dengan Sisibataslabuhan.

Kepala KPw BI Pematangsiantar Teuku Munandar, mengaku sangat mengapresiasi dan menyambut gembira kegiatan tersebut. Sebab melibatkan para pelaku usaha binaan BI, yang atas para UMKM, termasuk kopi. “Untuk kompetisi Barista, ini memberikan kesempatan dan ruang kepada insan muda berbakat di profesi Barista guna mengasah keterampilannya agar memperoleh pengakuan di industry,” katanya.

Siantar Simalungun Coffee Festival 2021, lanjutnya, menjadi wadah dan sarana bagi pelaku usaha dan insan-insan kopi di Sumut, khususnya di wilayah Sisibataslabuhan.
Sementara itu, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah menerangkan, Kota Pematangsiantar memiliki catatan manis dalam industri kopi. Sejumlah literatur menyebutkan, kedai kopi legendaris yang ada di Kota Pematangsiantar telah berdiri sejak tahun 1925.

Kedai kopi tersebut hingga kini masih mempertahankan penyajian yang legendaris, namun tidak menutup diri dengan modernisasi penyajian kopi masa kini. Bahkan telah memiliki cabang di sejumlah daerah di Indonesia. Hingga kini, pengunjung Kota Pematangsiantar, termasuk yang hanya melintas, merasa belum puas jika belum menikmati kopi di kedai kopi legendaris tersebut. Tentunya semakin lengkap dengan sajian penganan yang juga telah menjadi ciri khas Kota Pematangsiantar.

Minum atau menikmati kopi, katanya, telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Berbagai varian sajian kopi terus berkembang, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

“Penikmat kopi juga sudah berasal dari berbagai kalangan, termasuk kaum milenial. Kegiatan festival ini merupakan kolaborasi yang bagus antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar dengan para pecinta, pegiat, dan penikmat kopi di Kota Pematangsiantar. Melalui Siantar-Simalungun Coffee Festival Tahun 2021 yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar ini, diharapkan dapat semakin menambah khazanah dan edukasi cara mengolah kopi yang baik, sehingga memiliki nilai lebih, baik cita maupun rasa. dengan demikian penyajiannya akan memiliki daya tarik tersendiri,” terangnya.

Hefriansyah sangat mengharapkan Siantar-Simalungun Coffee Festival Tahun 2021 ini dapat memberikan efek positif bagi masyarakat.

Tampak hadir, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr Naslindo Sirait SE MM, para Pimpinan OPD Pemko Pematangsiantar dan Pemkab Simalungun, serta para pimpinan perbankan se-Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. 

Dikutip dari Newscorner.id