Cari

Kuli Miskin Jadi Tajir Melintir, Haji Bolot Punya 142 Pintu Kontrakan, 13 Mobil, 30 Rumah

Posted 03-11-2021 13:41  » Team Tobatimes
Foto Caption: Pelawak Haji Bolot (kolase tribunpontianak.co.id)

TOBATIMES.COM - Siapa yang tak  kenal pelawak yang satu ini. Sering tampil di TV bikin penonton tertawa karena lawakannya. Ya, Haji Bolot.  KIni dia sukses dan tajir.

Tapi siapa sangka, perjuangan hidup komedian ini tidak mudah. Dulu sebelum terkenal, dia pernah jadi buruh pelabuhan. Tinggal di kandang kambing hingga ditinggalkan oleh istrinya. 

Kini hidupnya berubah drastis.

Menjadi komedian dengan ciri khas bolot membuat nama Muhammad Sulaeman Harsono semakin dikenal.

Pemilik nama panggung Haji Bolot ini selalu mengocok perut para penonton saat tampil.

Memang bolot sudah menjadi identitas kuatnya di layar kaca. 

Dunia perkomedian Indonesia pasti sudah tak asing mendengar nama Haji Bolot.  

Haji Bolot yang mempunyai nama asli Muhammad Sulaeman Harsono lahir di bogor, 5 Maret 1942.

Seorang komedian yang mempunyai ciri khas yang berpura-pura tidak mendengar dan salah paham.

Nama Bolot ternyata berasal dari nama yang diberikan neneknya sendiri.

Melalui kanal youtube Rumpi No Secret yang tayang pada Rabu (29/05/2019), Haji Bolot menceritakan bagaimana asal usul namanya tersebut.

Kala itu Bolot mengaku, kalau sang nenek sedang memperingatkannya untuk tidak bermain di tengah hujan.

"Kan gue punya nenek orang Jawa, nah gue waktu itu aku main ujan-ujanan, nenek bilang 'Eh jangan main hujan-hujanan ntar jadi bolot'," ujar Bolot.

Saat itulah, banyak keluarga dan rekan yang memanggilnya dengan sebutan Bolot dan saat masuk lawak ia menggunakan nama Bolot sebagai nama panggungnya.

"Abis itu temen gue manggilnya pada Bolot, keluarga juga. Jadi pas masuk grup lawak kalau aku pakai nama Muhammad kan nggak laku, jadi ya udah pake Bolot,"katanya

Sebelum terkenal seperti saat ini, ternyata Haji Bolot memiliki masa lalu yang sulit.

Dahulu Haji Bolot pernah hidup susah bahkan dirinya menjadi buruh pelabuhan.

Upah yang diperolehnya menjadi buruh di Pelabuhan Tanjung Priok sekitar Rp 20 perak sehari.

Setelah menikah dan memiliki keluarga Haji Bolot menyebut dirinya pernah tinggal di tempat bekas kandang kambing milik neneknya bersama dengan istri dan ketiga anaknya.

Mirisnya, ia tinggal di tempat bekas kandang kambing milik neneknya tersebut hingga 3 tahun.

Di bekas kandang kambing itu jugalah saat dimana ia beserta ketiga anaknya ditinggal oleh mantan istrinya secara tiba-tiba.

Saat itu, Bolot langsung mencari istrinya sampai ke rumah mertuanya. Sayangnya, mertuanya malah memberikan perlakuan yang kurang mengenakkan.

Setelah kejadian itu, Bolot bersumpah ketika ia sukses nanti, ia tidak akan melupakkan keluarganya.

Ia berjanji akan berusaha untuk berbagi kebahagiaan dan rezeki kepada keluarganya.

Berkarier sejak tahun 80-an, Haji Bolot berhasil membuktikan eksistensinya di dunia hiburan tanah air.

Tak hanya itu, dia juga berhasil mempertahankan karakter budegnya dengan sangat baik. Para pemirsa bahkan mengaku gak pernah bosan dengan lawakan khas Haji Bolot.

Setelah sukses Bolot pun menikah lagi dengan perempuan yang umurnya jauh berbeda dari dirinya.

Kekayaan Haji Bolot

Setelah karirnya terus naik di dunia entertaiment Haji Bolot membuktikan untuk membuka usaha.

Ternyata Haji Bolot membuat usaha kontrakan.

Usaha kontrakannya pun sudah banyak.

Ia mempunyai 142 pintu kontrakan.

Bukan hanya kontrakan kekayaannya, namun Haji Bolot juga memiliki 13 mobil serta 30 rumah.

Kekayaan yang ia miliki pun saat sudah ia bagikan semua ke anak, cucu, dan cicit.

Dikutip dari Tribun Medan
Tags