Cari

Dara Latifah, Pembalap Sepeda Muda Peraih Medali Emas ICF Nasional

Posted 31-10-2021 23:29  » Team Tobatimes
Foto Caption: Atlet balap sepeda ISSI Sumut, Dara Latifah, saat beraksi di Kaldera Bike Park di danau Toba, Juni 2021 lalu.

TOBATIMES.COM, MEDAN - Dara muda asal Kota Medan, Dara Latifah, merupakan seorang atlet balap sepeda yang baru saja meraih medali emas di ajang Kejurnas Balap Sepeda ICF Nasional Championship 2021, kelas Women Junior National Championship, di Garut Jawa Barat, pada 23 – 27 Oktober 2021 lalu.

Ia mengatakan, prestasi itu merupakan hasil kerja kerasnya selama latihan. Meski masih muda, rupanya gadis yang akrab disapa Dara ini sudah terjun ke cabang olahraga (cabor) sejak masih duduk di bangku SMP. 

Kepada Tribun Medan, Dara mengisahkan bagaimana ia bisa terjun di cabor ini. 

"Sejak tahun 2017, tapi fokus nya di 2018. Awal nya main dan gabung sama anak sepeda lainnya itu biasa aja. Tapi pertama kali diajak balapan sepeda tuh rasanya nagih," katanya, Minggu (31/10/2021).

Lanjutnya, setelah memutuskan untuk menyeriusi cabor ini, Dara pun memilih masuk klub sepeda RBC Medan, kemudian pindah ke klub Wikawiki. 

"Dulu main bmx cross, latihan nya ya di Tuasan Jalan Pancing," ujarnya.

Akunya, untuk aktif di dunia balap sepeda ia termotivasi oleh keluarga dan senior nya saat di klub Wikawiki. 

Disinggung mengenai apakah ada larangan dari keluarga, Dara mengatakan, ia sempat tidak diizinkan. Keluarganya menilai, mengikuti balap sepeda merupakan cabor yang agak berbahaya bagi perempuan. 

"Awal nya aja kayak rada takut gitu, karena anak cewe nya suka olahraga gituan. Heheh. Saya hanya bilang ke ortu, kalau mau sukses harus ngelewatin beberapa rintangan dan ngejalanin proses," ucapnya. 

Sambung atlet binaan ISSI Sumut ini, terjun di dunia balap sepeda memiliki dinamika tersendiri. Apa lagi mengingat ia merupakan seorang wanita.

"Karena perasaan nya berubah-ubah, kadang seneng banget, kadang juga takut sama lawan dan track yang lumayan ekstrim buat cewe," ujarnya. 

Lebih jauh, atlet yang lahir pada 18 April 2003 di Medan ini menyebutkan, bagi seorang perempuan, terjun di cabor balap sepeda merupakan suatu hal yang biasa. 

Serupa dengan idola nya di cabor itu, Jolandanef dan mantan atlet nasional, Kusmayati Yazid. Meski seorang perempuan, kedua atlet tersebut bisa berprestasi hingga ajang internasional. 

"Kalau dari Kusmayati Yazid, aku ambil dari teknik balapan dan cara berpikirnya dia buat maju dan raih prestasi," katanya. 

Mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan, Jurusan PKO, angkatan 2021 Unimed ini pun berharap, kompetisi dan program pembinaan balap sepeda, mesti ditingkatkan di Sumatera Utara.

"Karena banyak sparing partner nya dan lokasi nya emang paling mantep buat kita kuat di Jawa. Di Sumut susah, engga ada sparing partner anak mtb nya. Terus lokasi buat latihan gak pas, karena kalau kita latihan lebih bagus di ketinggian," ujarnya.

Bio File:

Nama: Dara Latifah
Tempat Tanggal Lahir: Medan,18 April 2003
Asal: Medan, Sumatera Utara
Cabor: Balap Sepeda
Alamat: Jl Setiabudi, Gg Rambutan 2 lk v

Daftar Prestasi:

1. Juara 3 event MTB XCO di Langsa tahun 2018 

2. Juara 1 event enduro di Padang tahun 2019 

3. Juara 1 event enduro di Batam tahun 2019 

4. Juara 2 event BMX internasional Banyuwangi tahun 2019

5. Juara 1 event enduro di Malaysia tahun 2019

6. Juara 1 event MTB XCO di Kaldera Bikepark danau Toba tahun 2021

7. Juara 1 Enduro di ICF national champhionship tahun 2021

Dikutip dari Tribun Medan