Cari

Masalah Bibit Jagung Masih Sorotan Hasil Reses DPRD Toba

Posted 22-10-2021 23:02  » Team Tobatimes
Foto Caption: Ilustrasi petani memanen tanaman jagung. Antara/Hariansib.com

TOBA - Masalah bibit jagung masih menjadi sorotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba. Pasalnya masalah pembagian dan distribusi bibit jagung masih masukan dari hasil reses II DPRD Toba, baik di daerah pemilihan IV dan V Kabupaten Toba.

Seperti yang disampaikan pada rapat paripurna DPRD Toba yang berlangsung, Senin (18/10) di Gedung DPRD Toba di Jalan Sutomo Pagarbatu Balige yang dipimpin Ketua DPRD Toba, Efendi Napitupulu serta dihadiri Bupati Poltak Sitorus dan Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak.

Sesuai dengan hasil reses II dari daerah pemilihan V meliputi Kecamatan Laguboti, Silaen dan Sigumpar seperti yang disampaikan Parasian Tampubolon, untuk pembagian bibit jagung Pemerintah Kabupaten Toba seharusnya cepat dan tanggap.

Lahan yang telah dipersiapkan para petani telah ditumbuhi semak belukar. Hal ini dikarenakan bibit yang dijanjikan sampai saat ini belum disalurkan.

Pemerintah Kabupaten Toba seharusnya membuat kebijakan yang lebih efisien dan efektif. Bibit jagung tersebut tidak seharusnya dibagi rata kepada semua anggota kelompok tani. Namun dibagi harus berdasarkan luasan lahan yang dikelola masing-masing dan pendistribusiannya janganlah berbelit-belit.

Hal yang sama juga didapati oleh tim reses dari daerah pemilihan IV yang meliputi Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Kecamatan Nassau. Seperti yang disampaikan Pdt Gumontang Pasaribu yang menyebutkan masih banyak kelompok tani yang sudah mengajukan proposal permintaan bibit jagung, akan tetapi sampai saat ini belum terealisasi. 

Dikutip dari Harian SIB